Kacer yang masih liar
Pernah beli kacer bakalan, bahan atau kacer yang baru ditangkap dari hutan ? Sebagai penggemar kacer mungkin hampir 90 persen pasti pernah membeli kacer bakalan. Tentunya kacer yang baru ditangkap ini akan liar sekali, kadag sampai menabrak-nabrak dinding jeruji sangkar, sehingga bagian muka di daerah paruh dekat mata akan luka-luka dan kadang-kadang tidak mau makan dan akhirnya mati, tanpa sempat mendengar kicauannya. Padahal kita berharap burung ini akan menjadi peliharaan yang menyenangkan dan rajin berkicau.. Dengan kondisi ini pasti kita akan bingung dan kadang-kadang pusing tujuh keliling memikirkan cara menjinakkannya.

Ada beberapa cara yang pernah diterapkan oleh para penggemar kacer, untuk menjinakkan, paling tidak sekedar menenangkan burung Kacer liar yang baru dibeli dari pedagang burung ini. Ada yang berhasil dan tidak sedikit yang gagal, yang berakibat kondisi burung semakin parah, karena takut si burung bisa mati, maka kadang-kadang akhirnya si burung kacer liar ini dilepaskan kembali ke alam bebas.

Mari kita coba beberapa cara di bawah ini, mudah-mudahan salah satunya bisa berhasil menenangkan si Kacer liar.

  Cara 1    
  • Tutup sekeliling sangkar burung dengan koran, dan sisakan lobang berbentuk segi empat, cukup di daerah pintu sangkar untuk memudahkan kita mengganti makanan dan minuman burung, sambil mengajari burung belajar makan voer. Dibuat seperti ini akan menenangkan burung dan membuat burung merasa aman dan tidak takut lagi terhadap lingkungan yang asing serta terhadap kehadiran manusia.
    Letakkan di tempat yang terang, dan gantung jangan terlalu tinggi, kira-kira sebatas kepala, dan usahakan digantung di tempat yang sering dilalui manusia.
    Biarkan seperti ini selama seminggu, dan burung jangan dimandikan. Setelah satu minggu. Letakkan bak kecil (cepuk) di dalam sangkar, sekedar persiapan kalau-kalau si burung merasa gerah maka burung akan mandi di bak kecil dengan sendirinya. Lakukan ini selama seminggu.
    Setelah seminggu kemudian, maka perlahan koran penutup sangkar dilepas bagian sisi kiri nya, agar burung belajar mengenal lingkungannya dari sebelah kiri.
    Seminggu kemudian giliran koran di sebelah kanannya dilepas agar burung belajar mengenal lingkungan sebelah kanannya.
    Seminggu kemudian lagi, lepaskan koran bagian belakang dan depan, si burung akan lebih tenang, tetapi masih tetap liar, hanya saja rasa takutnya terhadap manusia dan lingkungannya akan berkurang.
    Biarkan dalam kondisi seperti ini selama seminggu atau 2 minggu.
    Setelah 2 minggu, masukkan burung ke keramba mandi burung, biarkan selama beberapa menit sampai si burung mau mandi. Apabila burung mau mandi dengan menceburkan dirinya ke dalam air, lakukan ini 2 kali sehari, pagi hari sekitar jam 7.00 dan sore pada jam 16.00, lalu malam hari keluarkan burung dan semprot pakai air hangat-hangat kuku, setelah itu cukup diangin-anginkan selama setengah jam, dan masukkan kembali ke dalam rumah, tidak usah dikerodong.
    Lakukan ini terus, apabila burung bermental bagus, dan tidak mengalami trauma sewaktu burung ini ditangkap, maka dalam waktu 1 - 2 bulan burung akan lebih tenang dan terbiasa melihat kehadiran manusia.

  Cara 2    
  • Masukkan burung ke dalam sangkar yang jerujinya sangat rapat, setelah itu tempelkan kandang burung di paku pada dinding rumah, kira-kira setinggi sejengkal di atas kepala kita. Beri makan dan minum, tanpa menurunkan sangkar burung, pakailah kursi untuk menjangkau pintu sangkar untuk mengganti makan dan minum burung.
    Cara ini memakan waktu yang lebih lama, tetapi lebih praktis, apabila kita memiliki kesibukan lain di luar rumah. Mandikan burung cukup sekali seminggu ke dalam keramba, lalu jemur sebentar dan tempelkan kembali burung di paku pada dinding rumah.
    Apabila burung bermental bagus dan tidak ada trauma ketika burung ini ditangkap di hutan, maka dalam waktu 2 -3 bulan, burung akan terbiasa melihat kehadiran manusia.

  Cara 3    
  • katanya ... ajari dulu burung makan voer, mungkin kira-kira 1 minggu setelah diajari makan voer, maka burung akan terbiasa makan voer. Gantung di teras rumah, jangan di tempat yang terlalu ramai. Setelah burung terbiasa makan voer, setiap pagi jam 6.00, keluarkan voernya dari sangkar burung dan jangan beri makan dari pagi sampai siang kira-kira jam 1.00 siang. Setelah itu berikan jangkrik 2 ekor. Setelah jangkrik 2 ekor tadi dimakan burung, barulah masukkan kembali voer ke dalam sangkar burung. Besoknya lakukan lagi seperti itu, dilanjutkan keesokan harinya lagi, dan seterusnya.
    Cara seperti ini kadang berhasil dalam waktu singkat, tetapi kadang bisa memakan waktu yang agak lama juga. Tapi patut dicoba juga yaa ...

  Cara 4    
  • ada usul dan saran ? ....
    kalau ada silahkan bantu tambahkan yaa.. di kotak komentar di bawah, mungkin lebih manjur dan sangat membantu bagi penggemar kacer.
    trims .... salam kicau


sumber foto:
  • kaskus.us
Categories: ,

62 comments:

  1. kalau menurut saya
    untuk burung bakalan
    gak perlu repot" menjinakannya
    cukup kasih makan juara
    dan jangkrik secukupnya?
    mandikan 2 atau 3 hari sekali
    tutup kandang selama 4 sampai 5 hari

    di liat" yach bro
    umpan or makanan kesukaannya harus terus di kasih

    dan di jamin setelah anda sudah melakukannya maka buRung anda akan jinak and tidak takut lg?
    selamat mencoba

    itu da ku lakukan pada burung kacer q sendiri?
    alhamdulilaah dia gak takut lg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara yang menarik dan praktis,
      trims ya sob, untuk masukannya ... berguna buat kita2 di sini.
      salam kenal dan salam kicau

      Delete
    2. untuk memandikannya itu yg benar 2-3 hari sekali atau 2-3 kali sehari sob??
      maaf, makasih.

      Delete
  2. berdasarkan pengalamanku dr beberapa kacer mh yg aku beli dlatih makan voer dl paling butuh waktu 3-4hari pakai top song yg dhaluskan dcampur kroto+jangkrik cincang. hari k4&strsnya slama 2minggu dmandiin sampai basah kuyup/menggigil,stlh mandi jngn dgantung dtaruh halamam/tepi jln yg ramai lalu lalang orng lakukan tiap pagi&sore sambil perdengarkan kicau burung biar ngasah ada tmn. insya allah dlm sebulan burung dah jinak&berani ngoceh d keramaian dgn posisi gantangan kandang sjajar kepala kita jngn lupa setiap habis mandi dkasih EF lansng dr tngn sampe mau mkn klo gak mau mkan lbh baik dbuang EFnya. udah 5 kacer bakalan MH yg udah berhasil jinak&ngoceh dgn cepat. Selamat Mencoba..!













    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu pemandian basah kuyup apa gak glabrakan/sampai ngruji.mohon pencerahanya

      Delete
  3. berdasarkan pengalamanku dr beberapa kacer mh yg aku beli dlatih makan voer dl paling butuh waktu 3-4hari pakai top song yg dhaluskan dcampur kroto+jangkrik cincang. hari k4&strsnya slama 2minggu dmandiin sampai basah kuyup/menggigil,stlh mandi jngn dgantung dtaruh halamam/tepi jln yg ramai lalu lalang orng lakukan tiap pagi&sore sambil perdengarkan kicau burung biar ngasah ada tmn. insya allah dlm sebulan burung dah jinak&berani ngoceh d keramaian dgn posisi gantangan kandang sjajar kepala kita jngn lupa setiap habis mandi dkasih EF lansng dr tngn sampe mau mkn klo gak mau mkan lbh baik dbuang EFnya. udah 5 kacer bakalan MH yg udah berhasil jinak&ngoceh dgn cepat. Selamat Mencoba..!












    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dimandikan sampai basah kuyup ya sob ? menarik ...
      cara ini bagus juga, perlu dicoba ...
      trims untuk masukannya,
      salam kenal dan salam kicau

      Delete
  4. saya pernah membeli kacer liar sampai rumah saya gantang di depan keramaian hari prtama burung saya angin2kan ditras sampai sore malam saya kerodong pagi2 jam 5 burung saya kluarin langsung ngplong siang jam12 istirahat krja saya tngok pulang kerumah langsung disambut dngan kicauan khas kacer sambil memberi 2 ekor ttapi sayang sore hari jam 3 burung sudah berada dibawah sangkar terengap2 dan kemudian meninggal.. :(
    kira2 apa yang membuatt kacer saya mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali sob, padahal kacer tersebut termasuk bermental baik, terbukti langsung ngeplong2.

      ini karena burung tersebut kelaparan, belum terbiasa makan voer, sementara niatnya untuk berkicau sangat kuat, akhirnya tubuhnya lemas karena kelaparan.
      seharusnya diberi kroto dulu sampai burung merasa kenyang dan segar, dan dikrodong biar tenang dan adaptasi dengan lingkungan barunya.

      tidak apa2 sob, itung2 jadi pengalaman baru, jangan putus asa.
      salam kenal dan salam kicau

      Delete
  5. 6 bulan yg lalu,Saya dapat kacer punya orang lepas,sudah pandai makan voer dari pertama dapat
    tp slama 6 bulan itu kacer saya tetap takut sama manusia,di pandang aja udah kelabakan.tp suara uda mulai ngeroll
    smua cara sudah saya buat tp belum berhasil juga
    kira2 ada gak dari agan2 masukan buat kacer saya
    thanks sebelumnya,salam kicau mania

    ReplyDelete
    Replies
    1. kacer nya mungkin mengalami trauma, karena terlepas dan tertangkap kembali, biasanya trauma begini lumayan lama juga pulihnya,

      cara2 orang biasanya membiasakan memberi ef (jangkrik) langsung dari tangan, tapi dengan membuat si burung merasa lapar dulu, seperti mengeluarkan voernya dari pagi biarkan sampai siang, lalu coba beri jangkrik langsung dari tangan, sampai si burung berani mematuk dari tangan.
      Selain itu burung juga harus sering dimandikan, kalau perlu 3 kali sehari (pagi, siang dan sore) kalau perlu jam 8 malam di semprot lembut pakai sprayer. Agak repot juga ya, tapi bisa dicoba, mudah2an berhasil.
      Kalau sampai benar2 jinak tentu menyita waktu yang lama, tapi untuk tidak takut dengan manusia mungkin masih bisa.

      ok sob selamat mencoba!
      salam kicau dan salam kenal

      Delete
  6. ass. salam kenal dulu. sy wo zali. asal kerinci prop. jambi kab. kerinci. kec. keling danau. saya punya masalah dgn kacer saya. begini : kacer sy tidak takut sama manusia, makan jengkrik bs langsung dr tangan, mandi sendiri di keramba. masalah nya adalah : kacer saya ini kalau kita mau mengambil atau mau memegang sangkar nya, wiiiiiiiisssss minta ampun. macam orang kesurupan. apa ada solulusi dr teman2. biar kita pegang sangkarnya dia tenang2 saja....? trmksh. WO ZALI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burung ini pernah dipegang dengan tangan, dan saat itu si burung merasa kesakitan (mungkin terlalu keras memegangnya), atau pernah mencabut salah satu bulu ekor atau sayap dll. Jadi si burung merasa trauma apabila melihat tangan siapapun.
      Kejadian seperti ini biasa terjadi pada burung kacer. Untuk menanganinya biasakan memegang sangkar lebih tinggi dari kepala kita. Tapi tidak apa2, karena tidak mempengaruhi performa si burung.
      ok semoga sukses.

      Delete
  7. Mw tnya nih,, saya sudah memelihara burung kacer slama kurang lbih 2 bulan,, slama itu pula sya rajin merawatnya (mmberi pakan, air, dan memandikan pagi & sore) dan mnempatkan burung d'tmpat yg sering dilalui orng ( stinggi kepala ) ,, Tapi smpai skarang burung kacer sya masih giras ( bila mlihat manusia ) dan msih ngeriwik ( hanya pd pagi hari),, kira2 gman yah agar kacer sya tidak giras lg ( tidak takut pd mnusia ) dan yg td'y hny ngeriwik jd ngeplong...
    tolong saran'y....
    Trimakasih sblum'y....
    Salam kenal n Salam Kicau

    ReplyDelete
  8. saya pernah punya niat mandiin burung dengan tangan,,
    uda ga terlalu giras sih,. cuma masih malu2 bunyi aja..
    pas saya pegang dengan tangan.. tangan saya di patukin sampe berdarah.. nah saya yang sengsara. hehehe

    gimana nih ya,,. uda lumayan jinak tp masih malu2 bunyi.. harus di pancing lagu, atau dia lg sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry sob, lama baru bisa balas komen..
      burung ada karakter yang suka bunyi dan ada juga yang memang rada pendiam, tapi pada dasarnya kalau burung merasa sehat, senang dan tenang, pasti burung akan berkicau dengan sendirinya.
      Yang penting rawatan harian nya bang... ef dan mandi jemurnya harus rutin, kemudian gantung di tempat yang teduh2, seperti di bawah pohon atau teras rumah.

      Delete
  9. sebulan yang lalu, saya beli burung dari pedagang burung dadakan, katanya sih sudah 1 tahun dirawat sama itu orang, tapi hari pertama saya rawat, itu burung masih takut sama manusia, dan sama sekali ga mau bunyi, padahal perawatan extra udah saya lakukan, mulai dari setiap pagi saya mandikan gacor stiap hari, ngejemur2 - 3 jam/hari EF Jangkrik 5 ekor pagi + sore, dan kandang sudah pasti sy bersihkan setiap hari, apa yang kurang ya? atau ada perawatan saya yang salah?? apa sebabnya ya? dan bagaimana mengatasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rawatan sudah oke aja itu mas Miko, mungkin tinggal menunggu adaptasi si burung dengan tempat barunya. Perlu ditambahkan kroto segar sedikit untuk merangsang burung agar merasa senang hati dan berkicau.

      Delete
  10. cara yg paling singkat dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk menjinakkan kacer giras ialah dg memegang dan mengeluarkan burung dr sangkar lalu di banting aja. di jamin pasti jinak

    ReplyDelete
  11. cara yg paling singkat dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk menjinakkan kacer giras ialah dg memegang dan mengeluarkan burung dr sangkar lalu di banting aja. di jamin pasti jinak

    ReplyDelete
  12. cara yg paling singkat dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk menjinakkan kacer giras ialah dg memegang dan mengeluarkan burung dr sangkar lalu di banting aja. di jamin pasti jinak

    ReplyDelete
  13. bagai mana caranya kacer mau makan voer dengan cepat MAZ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAM KICAU MANIA

      Delete
    2. biasanya ada yang mencoba pakai br ayam dulu dibasahi dan dicampur dengan kroto segar, 3 - 4 hari sudah makan voer, tapi baru benar2 makan voer paling lama 1 minggu.

      Delete
  14. Mau tanya nih om..
    Knapa burung kacer saya bunyi pas di dalam tempat yang sunyi ... Kalo di gantang ddpn rumh mau bunyi, tapi pas di lihat malah takut terus diam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung mungkin masih agak liar ya sob, jadi belum terbiasa dengan kehadiran orang yang belum dikenalnya.
      Biasakan saja terus gantung di depan rumah, atau di tempat yang biasa dilalui orang, misalnya dapur rumah, jangan terlalu tinggi, cukup sebatas kepala tingginya.
      ok sob, mudah2an berhasil ya

      Delete
  15. Artikelnyamenarik menambah ilmu pengetahuan
    Cerita Dewasa

    ReplyDelete
  16. susah2 gampang memang kalo jinakin burung liar tangkapan hutan,, sempet gagal juga..huft..

    terapi kacer http://portalinfosaya.blogspot.com/2014/12/suara-burung-kacer-betina-alternatif-terapi-kacer-jantan.html

    ReplyDelete
  17. Pengalaman pribadi beli kacer MH buat dia makan voer ga perlu pkek voer hlus ,ckup voer topsong di atas ny di taburi ulat hongkong yg di bela dua sehingga menyerupai bentuk voer. Semnggu udah voer total tpi ttap pagi jangkrik 4 sore 4 untuk penambah tnaga ny waktu mltih mkan voer. Untuk penjinakan cara ter ampuh yg slma ini sy pakai untuk sgla jnis burung trmasuk kacer dgn cra di beri makan jangkrik lgsung mggunakan tangan ttapi pakan ny kita lepas dri sngkar dri sore smpai pagi jd ktika pagi burung klaparan kita bujuk dgn jangkrik dtngan butuh kesabaran tggu sampai dia ambil jangkrik ny dtngan ,djamin ktika dia udah mau ambil 3 hri dlkukan kpercyaan burung trhadap kita udah trbangun dan burung bergantung dgn kita. Skrang smua burung kacer mh dirmah ktika melihat sya smua nya minta suap jangkrik mngahmpiri sy dan smua bunyi tanpa tkut orang skitar krna fktor utama burung bunyi hrus jinak . smga membantu agan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gan, terima kasih infonya, sangat membantu..

      Delete
  18. Pengalaman pribadi beli kacer MH buat dia makan voer ga perlu pkek voer hlus ,ckup voer topsong di atas ny di taburi ulat hongkong yg di bela dua sehingga menyerupai bentuk voer. Semnggu udah voer total tpi ttap pagi jangkrik 4 sore 4 untuk penambah tnaga ny waktu mltih mkan voer. Untuk penjinakan cara ter ampuh yg slma ini sy pakai untuk sgla jnis burung trmasuk kacer dgn cra di beri makan jangkrik lgsung mggunakan tangan ttapi pakan ny kita lepas dri sngkar dri sore smpai pagi jd ktika pagi burung klaparan kita bujuk dgn jangkrik dtngan butuh kesabaran tggu sampai dia ambil jangkrik ny dtngan ,djamin ktika dia udah mau ambil 3 hri dlkukan kpercyaan burung trhadap kita udah trbangun dan burung bergantung dgn kita. Skrang smua burung kacer mh dirmah ktika melihat sya smua nya minta suap jangkrik mngahmpiri sy dan smua bunyi tanpa tkut orang skitar krna fktor utama burung bunyi hrus jinak . smga membantu agan2

    ReplyDelete
  19. Sob saya punya kacer bakalan perawatan sudah saya ikutin dr master disini tapi yg bingung kacer tiba tiba diam di tangkringan badan membesar mata tertutup itu kenapa ya.. sebelumnya hal serupa dialami sahabat saya dan berahir dengan kematian pada kacernya mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  20. Sob saya punya kacer bakalan perawatan sudah saya ikutin dr master disini tapi yg bingung kacer tiba tiba diam di tangkringan badan membesar mata tertutup itu kenapa ya.. sebelumnya hal serupa dialami sahabat saya dan berahir dengan kematian pada kacernya mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  21. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jaya Pura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  22. pengalaman saya, kacer yg giras perlu extra sabar, saya cari cara praktis dengan memberi tali ke kaki kacer dan di ikat di tempat tangkringannya, tali jgn terlalu panjang, kalau bisa sangkar terbuka, untuk memudahkan kita mengganti pakan, dan minum, malam sampai pagi jgn di beri mkn dan minum, agar kacer merasa lapar dan haus, pagi jam 7 mandiin pakai air dingin sampe basah kuyup, sehabis itu berikan jangkrik dari tangan, kelang 1 jam berikan minum, lakukan ini setiap hari selama 1 minggu, jamin kacer akan terbiasa sama kita, kalau bisa jinak lalat, agar kacer tidak balon, pada saat beradu dengan kacer gacor.tq

    ReplyDelete
  23. pengalaman saya, kacer yg giras perlu extra sabar, saya cari cara praktis dengan memberi tali ke kaki kacer dan di ikat di tempat tangkringannya, tali jgn terlalu panjang, kalau bisa sangkar terbuka, untuk memudahkan kita mengganti pakan, dan minum, malam sampai pagi jgn di beri mkn dan minum, agar kacer merasa lapar dan haus, pagi jam 7 mandiin pakai air dingin sampe basah kuyup, sehabis itu berikan jangkrik dari tangan, kelang 1 jam berikan minum, lakukan ini setiap hari selama 1 minggu, jamin kacer akan terbiasa sama kita, kalau bisa jinak lalat, agar kacer tidak balon, pada saat beradu dengan kacer gacor.tq

    ReplyDelete
  24. masi ada komen melenceng dri obrolan kicau mania...
    yg menyesatkan.
    salam kicau cuitcuit

    ReplyDelete
  25. Kalo pengalaman saya jinakin kc pas mau hujan saya kasih jangkrik terus saya suruh anak saya bawa kc hujan2an sampe hujan reda saya yg ambil kandang terus di anginkan sambil di anginkan saya kasih makanan ke sukaan dia dalam waktu 4-6 kli di hujan2kan udah jinak, saya suruh anak saya yg bawa kc ke hujan biar gak troma sama saya hujan reda baru saya yg ambil jadi ada perasaan kita yg nolongin kc dari di hujan2 kan heheheh.. Agak kejam dikit sih :D

    ReplyDelete
  26. Kalo pengalaman saya jinakin kc pas mau hujan saya kasih jangkrik terus saya suruh anak saya bawa kc hujan2an sampe hujan reda saya yg ambil kandang terus di anginkan sambil di anginkan saya kasih makanan ke sukaan dia dalam waktu 4-6 kli di hujan2kan udah jinak, saya suruh anak saya yg bawa kc ke hujan biar gak troma sama saya hujan reda baru saya yg ambil jadi ada perasaan kita yg nolongin kc dari di hujan2 kan heheheh.. Agak kejam dikit sih :D

    ReplyDelete
  27. Pengalaman ane .. KC di kerodong seminggu full jng di mandiin jng dibuka kecuali ganti makan mnum supaya adaptasi sambil di ajarin makan voer di hari ketujuh ane ane mandiin pertama tuh KC baru CI,PC. Dan burung lainya kecuali MB ane sendiriin selesai jejerin. Tuh semua...sambil dijemur.dan diberi EF 30 mnit ane angkat KC smbil angin2kan 15 mnit pasang kerodong setengah (KC lepas pakan di malem) jd pagi laper dalam 2minggu uda gak takut org alhamdulilah setelah 2minggu tiap pagi bangunin orang dan beberapa sudah di hibahkan dengan mahar ke. Org hanya cara pemula bos ..semoga gak salah cara ane

    ReplyDelete
  28. Cara saya cuma saya gantung dan rawat aja, kacer tangkapan dalam 3 tahun jinak...

    ReplyDelete
  29. maaf nih semua. sy ahmad baru pemula tuh pelihara burung salah satunya kacer. masalahnya hampir sama dengan rekan semua. sy sdh beri perawatan sebelum ngantor dah tak mandiin, kasi jangrik trus tak angin2kn di teras. kata tetangga burungnya bunyi tapi pas sy pulang kantor sy tunggu sampe malam tdk ada bunyi2 diam kayak bisu. trus malam tak tinggal lagi kekantor ditelfon katanya bunyi. besok paginya sy lakukan perawatan yg sm. tp yg menjengkelkan setiap sy ada dirumah kacernya tdk pernah bunyi sama sekali. itu gimana ya. sy pusing... atau tak lepas aja atau gimana...? kasihan klw seperti itu terus,

    ReplyDelete
  30. Salam kicau mania, saya mau nanya nih kacer saya kenapa kalo d kasih jangkrik. Tidak mau tp ulat hongkong sama kroto mau. Klo d kasih jangkrik d patuk trs d jatuhin. Gimana untuk setingan nya ya klo begitu....

    ReplyDelete
  31. makasih gan infonya. sangat bermanfaat sekali buat saya. kunjungi balik ya gan cara menghilangkan membuat
    .

    ReplyDelete
  32. Kalau saya dipegang dimandikan siang jam 12 dan mlm jm 8 di jmin jinak

    ReplyDelete
  33. Sob mania, semua cara di atas sudah saya lakukan ternyata berhasil, tetapi satu yg tidak berhasil, kacer saya tidak mau berkicau, jinak iya, segar iya, d jmur iya, mandiin sesuai syarat, tapi tetap gk mau bunyi sob,
    G mana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terapi Mp3 aja jam 10 sampai pagi
      Download dri you tube suara kacer untuk terapi nya
      letak dekat dengan sangkar kacer nya atau di bawah nya tapi kondisi sangkar tertutup kerodong insyallah berhasil

      Delete
  34. Sob mania, semua cara di atas sudah saya lakukan ternyata berhasil, tetapi satu yg tidak berhasil, kacer saya tidak mau berkicau, jinak iya, segar iya, d jmur iya, mandiin sesuai syarat, tapi tetap gk mau bunyi sob,
    G mana solusinya

    ReplyDelete
  35. Numpang nanya sepuh2 semua.kacer saya msh trotolan,koq udh 4 hari masih terdengar kek org bersin.obat nya apa ya?terus koq blm voor total ya?

    ReplyDelete
  36. Dengan hanya minimal deposit 50.000 IDR sudah bisa bermain di game online kami untuk pendaftaran di berikan GRATIS tanpa deposit awal hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap,Kami Menyediakan Berbagai Permainan Online Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Noted : Menangkan Samsung Note 8 64GB BNIB dan Iphone X 256 GB BNIB Hanya Dengan Bermain Poker Di AnAPoker

    Hubungi Kami Sekarang Juga !!!!
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0877-8922-1725

    Ayo tunggu apalagi !!!!!! ..

    ReplyDelete
  37. Dengan hanya minimal deposit 50.000 IDR sudah bisa bermain di game online kami untuk pendaftaran di berikan GRATIS tanpa deposit awal hanya dengan mengisi data diri dengan lengkap,Kami Menyediakan Berbagai Permainan Online Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Noted : Menangkan Samsung Note 8 64GB BNIB dan Iphone X 256 GB BNIB Hanya Dengan Bermain Poker Di AnAPoker

    Hubungi Kami Sekarang Juga !!!!
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0877-8922-1725

    Ayo tunggu apalagi !!!!!! ..

    ReplyDelete
  38. Permisi booster,mau nanya.apa burung Kacer diberi makan jangkrik terus menerus bisa mati?

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!