Menenangkan Kacer Liar

Kacer yang masih liar
Pernah beli kacer bakalan, bahan atau kacer yang baru ditangkap dari hutan ? Sebagai penggemar kacer mungkin hampir 90 persen pasti pernah membeli kacer bakalan. Tentunya kacer yang baru ditangkap ini akan liar sekali, kadag sampai menabrak-nabrak dinding jeruji sangkar, sehingga bagian muka di daerah paruh dekat mata akan luka-luka dan kadang-kadang tidak mau makan dan akhirnya mati, tanpa sempat mendengar kicauannya. Padahal kita berharap burung ini akan menjadi peliharaan yang menyenangkan dan rajin berkicau.. Dengan kondisi ini pasti kita akan bingung dan kadang-kadang pusing tujuh keliling memikirkan cara menjinakkannya.

Ada beberapa cara yang pernah diterapkan oleh para penggemar kacer, untuk menjinakkan, paling tidak sekedar menenangkan burung Kacer liar yang baru dibeli dari pedagang burung ini. Ada yang berhasil dan tidak sedikit yang gagal, yang berakibat kondisi burung semakin parah, karena takut si burung bisa mati, maka kadang-kadang akhirnya si burung kacer liar ini dilepaskan kembali ke alam bebas.

Mari kita coba beberapa cara di bawah ini, mudah-mudahan salah satunya bisa berhasil menenangkan si Kacer liar.

  Cara 1    
  • Tutup sekeliling sangkar burung dengan koran, dan sisakan lobang berbentuk segi empat, cukup di daerah pintu sangkar untuk memudahkan kita mengganti makanan dan minuman burung, sambil mengajari burung belajar makan voer. Dibuat seperti ini akan menenangkan burung dan membuat burung merasa aman dan tidak takut lagi terhadap lingkungan yang asing serta terhadap kehadiran manusia.
    Letakkan di tempat yang terang, dan gantung jangan terlalu tinggi, kira-kira sebatas kepala, dan usahakan digantung di tempat yang sering dilalui manusia.
    Biarkan seperti ini selama seminggu, dan burung jangan dimandikan. Setelah satu minggu. Letakkan bak kecil (cepuk) di dalam sangkar, sekedar persiapan kalau-kalau si burung merasa gerah maka burung akan mandi di bak kecil dengan sendirinya. Lakukan ini selama seminggu.
    Setelah seminggu kemudian, maka perlahan koran penutup sangkar dilepas bagian sisi kiri nya, agar burung belajar mengenal lingkungannya dari sebelah kiri.
    Seminggu kemudian giliran koran di sebelah kanannya dilepas agar burung belajar mengenal lingkungan sebelah kanannya.
    Seminggu kemudian lagi, lepaskan koran bagian belakang dan depan, si burung akan lebih tenang, tetapi masih tetap liar, hanya saja rasa takutnya terhadap manusia dan lingkungannya akan berkurang.
    Biarkan dalam kondisi seperti ini selama seminggu atau 2 minggu.
    Setelah 2 minggu, masukkan burung ke keramba mandi burung, biarkan selama beberapa menit sampai si burung mau mandi. Apabila burung mau mandi dengan menceburkan dirinya ke dalam air, lakukan ini 2 kali sehari, pagi hari sekitar jam 7.00 dan sore pada jam 16.00, lalu malam hari keluarkan burung dan semprot pakai air hangat-hangat kuku, setelah itu cukup diangin-anginkan selama setengah jam, dan masukkan kembali ke dalam rumah, tidak usah dikerodong.
    Lakukan ini terus, apabila burung bermental bagus, dan tidak mengalami trauma sewaktu burung ini ditangkap, maka dalam waktu 1 - 2 bulan burung akan lebih tenang dan terbiasa melihat kehadiran manusia.

  Cara 2    
  • Masukkan burung ke dalam sangkar yang jerujinya sangat rapat, setelah itu tempelkan kandang burung di paku pada dinding rumah, kira-kira setinggi sejengkal di atas kepala kita. Beri makan dan minum, tanpa menurunkan sangkar burung, pakailah kursi untuk menjangkau pintu sangkar untuk mengganti makan dan minum burung.
    Cara ini memakan waktu yang lebih lama, tetapi lebih praktis, apabila kita memiliki kesibukan lain di luar rumah. Mandikan burung cukup sekali seminggu ke dalam keramba, lalu jemur sebentar dan tempelkan kembali burung di paku pada dinding rumah.
    Apabila burung bermental bagus dan tidak ada trauma ketika burung ini ditangkap di hutan, maka dalam waktu 2 -3 bulan, burung akan terbiasa melihat kehadiran manusia.

  Cara 3    
  • katanya ... ajari dulu burung makan voer, mungkin kira-kira 1 minggu setelah diajari makan voer, maka burung akan terbiasa makan voer. Gantung di teras rumah, jangan di tempat yang terlalu ramai. Setelah burung terbiasa makan voer, setiap pagi jam 6.00, keluarkan voernya dari sangkar burung dan jangan beri makan dari pagi sampai siang kira-kira jam 1.00 siang. Setelah itu berikan jangkrik 2 ekor. Setelah jangkrik 2 ekor tadi dimakan burung, barulah masukkan kembali voer ke dalam sangkar burung. Besoknya lakukan lagi seperti itu, dilanjutkan keesokan harinya lagi, dan seterusnya.
    Cara seperti ini kadang berhasil dalam waktu singkat, tetapi kadang bisa memakan waktu yang agak lama juga. Tapi patut dicoba juga yaa ...

  Cara 4    
  • ada usul dan saran ? ....
    kalau ada silahkan bantu tambahkan yaa.. di kotak komentar di bawah, mungkin lebih manjur dan sangat membantu bagi penggemar kacer.
    trims .... salam kicau


sumber foto:
  • kaskus.us

30 comments:

  1. kalau menurut saya
    untuk burung bakalan
    gak perlu repot" menjinakannya
    cukup kasih makan juara
    dan jangkrik secukupnya?
    mandikan 2 atau 3 hari sekali
    tutup kandang selama 4 sampai 5 hari

    di liat" yach bro
    umpan or makanan kesukaannya harus terus di kasih

    dan di jamin setelah anda sudah melakukannya maka buRung anda akan jinak and tidak takut lg?
    selamat mencoba

    itu da ku lakukan pada burung kacer q sendiri?
    alhamdulilaah dia gak takut lg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara yang menarik dan praktis,
      trims ya sob, untuk masukannya ... berguna buat kita2 di sini.
      salam kenal dan salam kicau

      Delete
  2. berdasarkan pengalamanku dr beberapa kacer mh yg aku beli dlatih makan voer dl paling butuh waktu 3-4hari pakai top song yg dhaluskan dcampur kroto+jangkrik cincang. hari k4&strsnya slama 2minggu dmandiin sampai basah kuyup/menggigil,stlh mandi jngn dgantung dtaruh halamam/tepi jln yg ramai lalu lalang orng lakukan tiap pagi&sore sambil perdengarkan kicau burung biar ngasah ada tmn. insya allah dlm sebulan burung dah jinak&berani ngoceh d keramaian dgn posisi gantangan kandang sjajar kepala kita jngn lupa setiap habis mandi dkasih EF lansng dr tngn sampe mau mkn klo gak mau mkan lbh baik dbuang EFnya. udah 5 kacer bakalan MH yg udah berhasil jinak&ngoceh dgn cepat. Selamat Mencoba..!













    ReplyDelete
  3. berdasarkan pengalamanku dr beberapa kacer mh yg aku beli dlatih makan voer dl paling butuh waktu 3-4hari pakai top song yg dhaluskan dcampur kroto+jangkrik cincang. hari k4&strsnya slama 2minggu dmandiin sampai basah kuyup/menggigil,stlh mandi jngn dgantung dtaruh halamam/tepi jln yg ramai lalu lalang orng lakukan tiap pagi&sore sambil perdengarkan kicau burung biar ngasah ada tmn. insya allah dlm sebulan burung dah jinak&berani ngoceh d keramaian dgn posisi gantangan kandang sjajar kepala kita jngn lupa setiap habis mandi dkasih EF lansng dr tngn sampe mau mkn klo gak mau mkan lbh baik dbuang EFnya. udah 5 kacer bakalan MH yg udah berhasil jinak&ngoceh dgn cepat. Selamat Mencoba..!












    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi dimandikan sampai basah kuyup ya sob ? menarik ...
      cara ini bagus juga, perlu dicoba ...
      trims untuk masukannya,
      salam kenal dan salam kicau

      Delete
  4. saya pernah membeli kacer liar sampai rumah saya gantang di depan keramaian hari prtama burung saya angin2kan ditras sampai sore malam saya kerodong pagi2 jam 5 burung saya kluarin langsung ngplong siang jam12 istirahat krja saya tngok pulang kerumah langsung disambut dngan kicauan khas kacer sambil memberi 2 ekor ttapi sayang sore hari jam 3 burung sudah berada dibawah sangkar terengap2 dan kemudian meninggal.. :(
    kira2 apa yang membuatt kacer saya mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali sob, padahal kacer tersebut termasuk bermental baik, terbukti langsung ngeplong2.

      ini karena burung tersebut kelaparan, belum terbiasa makan voer, sementara niatnya untuk berkicau sangat kuat, akhirnya tubuhnya lemas karena kelaparan.
      seharusnya diberi kroto dulu sampai burung merasa kenyang dan segar, dan dikrodong biar tenang dan adaptasi dengan lingkungan barunya.

      tidak apa2 sob, itung2 jadi pengalaman baru, jangan putus asa.
      salam kenal dan salam kicau

      Delete
  5. 6 bulan yg lalu,Saya dapat kacer punya orang lepas,sudah pandai makan voer dari pertama dapat
    tp slama 6 bulan itu kacer saya tetap takut sama manusia,di pandang aja udah kelabakan.tp suara uda mulai ngeroll
    smua cara sudah saya buat tp belum berhasil juga
    kira2 ada gak dari agan2 masukan buat kacer saya
    thanks sebelumnya,salam kicau mania

    ReplyDelete
    Replies
    1. kacer nya mungkin mengalami trauma, karena terlepas dan tertangkap kembali, biasanya trauma begini lumayan lama juga pulihnya,

      cara2 orang biasanya membiasakan memberi ef (jangkrik) langsung dari tangan, tapi dengan membuat si burung merasa lapar dulu, seperti mengeluarkan voernya dari pagi biarkan sampai siang, lalu coba beri jangkrik langsung dari tangan, sampai si burung berani mematuk dari tangan.
      Selain itu burung juga harus sering dimandikan, kalau perlu 3 kali sehari (pagi, siang dan sore) kalau perlu jam 8 malam di semprot lembut pakai sprayer. Agak repot juga ya, tapi bisa dicoba, mudah2an berhasil.
      Kalau sampai benar2 jinak tentu menyita waktu yang lama, tapi untuk tidak takut dengan manusia mungkin masih bisa.

      ok sob selamat mencoba!
      salam kicau dan salam kenal

      Delete
  6. ass. salam kenal dulu. sy wo zali. asal kerinci prop. jambi kab. kerinci. kec. keling danau. saya punya masalah dgn kacer saya. begini : kacer sy tidak takut sama manusia, makan jengkrik bs langsung dr tangan, mandi sendiri di keramba. masalah nya adalah : kacer saya ini kalau kita mau mengambil atau mau memegang sangkar nya, wiiiiiiiisssss minta ampun. macam orang kesurupan. apa ada solulusi dr teman2. biar kita pegang sangkarnya dia tenang2 saja....? trmksh. WO ZALI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burung ini pernah dipegang dengan tangan, dan saat itu si burung merasa kesakitan (mungkin terlalu keras memegangnya), atau pernah mencabut salah satu bulu ekor atau sayap dll. Jadi si burung merasa trauma apabila melihat tangan siapapun.
      Kejadian seperti ini biasa terjadi pada burung kacer. Untuk menanganinya biasakan memegang sangkar lebih tinggi dari kepala kita. Tapi tidak apa2, karena tidak mempengaruhi performa si burung.
      ok semoga sukses.

      Delete
  7. Mw tnya nih,, saya sudah memelihara burung kacer slama kurang lbih 2 bulan,, slama itu pula sya rajin merawatnya (mmberi pakan, air, dan memandikan pagi & sore) dan mnempatkan burung d'tmpat yg sering dilalui orng ( stinggi kepala ) ,, Tapi smpai skarang burung kacer sya masih giras ( bila mlihat manusia ) dan msih ngeriwik ( hanya pd pagi hari),, kira2 gman yah agar kacer sya tidak giras lg ( tidak takut pd mnusia ) dan yg td'y hny ngeriwik jd ngeplong...
    tolong saran'y....
    Trimakasih sblum'y....
    Salam kenal n Salam Kicau

    ReplyDelete
  8. saya pernah punya niat mandiin burung dengan tangan,,
    uda ga terlalu giras sih,. cuma masih malu2 bunyi aja..
    pas saya pegang dengan tangan.. tangan saya di patukin sampe berdarah.. nah saya yang sengsara. hehehe

    gimana nih ya,,. uda lumayan jinak tp masih malu2 bunyi.. harus di pancing lagu, atau dia lg sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry sob, lama baru bisa balas komen..
      burung ada karakter yang suka bunyi dan ada juga yang memang rada pendiam, tapi pada dasarnya kalau burung merasa sehat, senang dan tenang, pasti burung akan berkicau dengan sendirinya.
      Yang penting rawatan harian nya bang... ef dan mandi jemurnya harus rutin, kemudian gantung di tempat yang teduh2, seperti di bawah pohon atau teras rumah.

      Delete
  9. sebulan yang lalu, saya beli burung dari pedagang burung dadakan, katanya sih sudah 1 tahun dirawat sama itu orang, tapi hari pertama saya rawat, itu burung masih takut sama manusia, dan sama sekali ga mau bunyi, padahal perawatan extra udah saya lakukan, mulai dari setiap pagi saya mandikan gacor stiap hari, ngejemur2 - 3 jam/hari EF Jangkrik 5 ekor pagi + sore, dan kandang sudah pasti sy bersihkan setiap hari, apa yang kurang ya? atau ada perawatan saya yang salah?? apa sebabnya ya? dan bagaimana mengatasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rawatan sudah oke aja itu mas Miko, mungkin tinggal menunggu adaptasi si burung dengan tempat barunya. Perlu ditambahkan kroto segar sedikit untuk merangsang burung agar merasa senang hati dan berkicau.

      Delete
  10. cara yg paling singkat dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk menjinakkan kacer giras ialah dg memegang dan mengeluarkan burung dr sangkar lalu di banting aja. di jamin pasti jinak

    ReplyDelete
  11. cara yg paling singkat dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk menjinakkan kacer giras ialah dg memegang dan mengeluarkan burung dr sangkar lalu di banting aja. di jamin pasti jinak

    ReplyDelete
  12. cara yg paling singkat dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk menjinakkan kacer giras ialah dg memegang dan mengeluarkan burung dr sangkar lalu di banting aja. di jamin pasti jinak

    ReplyDelete
  13. bagai mana caranya kacer mau makan voer dengan cepat MAZ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada yang mencoba pakai br ayam dulu dibasahi dan dicampur dengan kroto segar, 3 - 4 hari sudah makan voer, tapi baru benar2 makan voer paling lama 1 minggu.

      Delete
  14. Mau tanya nih om..
    Knapa burung kacer saya bunyi pas di dalam tempat yang sunyi ... Kalo di gantang ddpn rumh mau bunyi, tapi pas di lihat malah takut terus diam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung mungkin masih agak liar ya sob, jadi belum terbiasa dengan kehadiran orang yang belum dikenalnya.
      Biasakan saja terus gantung di depan rumah, atau di tempat yang biasa dilalui orang, misalnya dapur rumah, jangan terlalu tinggi, cukup sebatas kepala tingginya.
      ok sob, mudah2an berhasil ya

      Delete